KONVERSI GRAFIK : BITMAP TO VECTOR (DPG_12)


Sebelum segala sesuatunya terlampau jauh dan makin tidak terarah tujuannya alangkah baiknya kita sedikit merefresh tentang materi kerangka kegiatan berkaitan dengan grafik komputer yang berupa panggalan dari tulisan pertama saya untuk materi ini, dalam rangkaian untuk mencoba menelaah akan keditailan sebuah disain permodelan grafik komputer, hal ini tentunya terlihat membosankan bagi para pembaca sekalian namun tidak lain maksud penulis agar dapat menyajikan tulisan yang tidak hanya untuk dibaca melainkan juga memberikan ilmu yang semoga sedikit menambah pengetahuan untuk penulis pribadi dan pembaca budiman sekalian agar dapat mengaplikasikannya dimasa mendatang, dibagian penutup akan penulis sajikan beberapa aplikasi yang dapat digunakan / berhubungan langsung dengan pengkonversian dari bitmap ke vector sebagai inti dari tulisan yang kedua ini. sebagai kelanjutan dari ini pada tulisan yang akan datang semoga penulis dapat menyajikan sebuah pengaplikasian dari teori-teori saat ini agar bisa dijadikan sebagai referensi dan kontribusi positif bagi pembaca budiman sekalian terutama untuk perkembangan permodelan grafik nantinya. jelasnya sebagai berikut :

Kerangka Grafik Komputer Interaktif
Desain permodelan grafik tentunya sangat berkaitan erat dengan grafik komputer. Berikut adalah kegiatan yang berkaitan dengan grafik komputer yaitu :
  1. Pemodelan geometris : menciptakan model matematika dari objek-objek 2D dan 3D.
  2. Rendering : memproduksi citra yang lebih solid dari model yang telah dibentuk.
  3. Animasi : Menetapkan/menampilkan kembali tingkah laku/behaviour objek bergantung waktu.
  4. Graphics Library/package (contoh : OpenGL) adalah perantara aplikasi dan display hardware(Graphics System).
  5. Application program : memetakan objek aplikasi ke tampilan/citra dengan memanggil graphics library.
  6. Hasil dari interaksi user menghasilkan/modifikasi citra.
  7. Citra : merupakan hasil akhir dari sintesa, disain, manufaktur, visualisasi dll.

Keterangan gambar :

1. Grafics Library/  Package, contohnya : OpenGL , yaitu perantara aplikasi dan display hardware  (Graphic System).
2.  Application program yang memetakan objek aplikasi ke tampilan / citra dengan memanggil graphics library.
3.    Hasil dari interaksi user adalah menghasilkan/ modifikasi citra.
4.    Citra merupakan hasil akhir dari sintesa, desain, manufaktur, visualisasi dan sebagainya.

Permodelan Geometris

Transformasi yang dapat dilakukan oleh pembaca dari suatu benda nyata ke sebuah model geometris adalah :

1.      Shape / perubahan bentuk.
2.      Posisi
3.      Orientasi (Cara Pandang terhadap penyajian)
4.      Surface Properties / Ciri-ciri Permukaan yang meliputi warna dan juga tekstur, hal ini berkaitan dengan appearance yang dapat pembaca coba nanti.
5.      Volumetric Properties / Ciri-ciri Volumetric seperti ketebalan pejal dan juga penyebaran cahaya yang dapat disesuaikan.
6.      Lights / cahaya seperti tingkat terang dan juga jenis warna yang dapat pembaca sesuaikan.

Pengaplikasian untuk Pemodelan Geometris yang lebih rumit :

1.       1. Jala-jala segi banyak: suatu koleksi yang besar dari segi bersudut banyak, dihubungkan satu sama lain.


2. Bentuk permukaan bebas: menggunakan fungsi polynomial tingkat rendah

3. CSG: membangun suatu bentuk dengan menerapkan operasi boolean pada bentuk yang primitif.

Pemrosesan Citra untuk Ditampilkan di Layar

Proses pendisainan sebuah citra agar dapat menyajikan kualitas yang bernilai seni nantinya.


Sedikit perlu diketahui oleh pembaca budiman sekalian bahwa penguasaan akan dasar Matematika nampaknya sangat berperan untuk Desain Permodelan Grafik ini, berikut yang penulis maksud adalah :

1.      Geometry (2D dan 3D), ini nampaknya sangat menolong bagi pembaca yang berimajinasi tinggi.
2.      Trigonometry, berkaitan dengan perhitungan sudut, koefesien dsb.
3.      Vector Spaces : points, vector dan coordinate
4.      Dot dan Cross Product, berkaitan dengan pengetahuan terhadap hubungan langsung dengan bentuk penyajian yang lainnya.

Hardware Display Grafik  Vektor sebagai berikut :
  1. Vetor (calligraphic, stroke, random-scan)
  2. Arsitektur Vektor
Hardware Display Grafik Raster sebagai berikut :

1.      Raster (TV, bitmap, pixmap), digunakan dalam layar dan laser printer
2.      Arsitektur Raster

Pentingnya mengetahui aplikasi untuk membuat grafis vektor dan bitmap

Program aplikasi untuk membuat grafis vektor dan bitmap itu banyak sekali macamnya, seperti Page Maker, Corel Photo Paint, CorelDraw, Adobe (Photoshop, Illustrator, Indesign), ataupun blender, Desktop publishing, GIMP, MAYA dan bitmap maker untuk yang pecinta opensource (GNU/Linux) dan masih banyak lagi yang lainnya. Tetapi yang akan dibahas disini program aplikasi MEL Script MAYA, berhubung penulis berfikir tentang sustainabling dengan pengoperasian yang ada dan agar dapat menyajikan yang setaraf dengan perkembangan permodelan grafik dan opensource software di Indonesia ini, khususnya dikampus penulis sekarang.

Animasi

Selanjutnya yaitu mengenai animasi, sebelum penulis melanjutkan penjelasan tentang MEL Script MAYA lebih lanjut –berikut contoh pengoperasiannya pada tulisannya yang ketiga disini- akan penulis bahas sedikit mengenai animasi ini, disebabkan tidak kalah pentingnya peran animasi pada permodelan grafik komputer ini, penjelasannya sebagai berikut :

Jenis-jenis animasi

Animasi kita ketahui bersama yang dulunya mempunyai prinsip yang sederhana, dalam artian hanya sebatas menampilkan keunikan dan ketrampilan menggambar seseorang sekarang telah jauh berkembang menjadi beberapa jenis yang masing-masing menampilkan keistimewaan dan keunggulannya, namun secara umum diklasifikasikan menjadi : Animasi 2D, Animasi 3D, Animasi tanah Hat (Clay Animation), Animasi Jepang (Anime).

Software Pembuat Animasi

Di pasaran sekarang ini sudah banyak beredar software pembuat animasi, baik itu 2D atau 3D dan yang lainnya. Untuk lebih jelasnya perhatikan daftar dibawah ini yang penulis coba susun berdasarkan kriterianya :

Software Animasi 2 Dimensi : Macromedia Flash, CoRETAS, Corel R.A.V.E., After Effects, Moho, CreaToon, ToonBoom, Autodesk Animaton (1990-an) dll
Software Animasi 3 Dimensi : MEL Script MAYA (Maya), 3D Studio Max, Maxon Cinema 4 D, LightWave, Softlmage, Poser, Motion Builder, Hash Animation Master, Wings 3D, Carrara, Infini-D, Canoma dll

MEL Script MAYA adalah salah satu aplikasi untuk grafik 3D termasuk animasi dan special effect. Maya adalah aplikasi visual interaktif yang disiapkan untuk memecahkan banyak masalah teknik pemodelan. Di dalam pemrograman Maya terdapat beberapa toolbox dan hot keys, salah satu diantaranya yaitu Maya Embedded Language (MEL) Command Editor dengan fasilitas File, Edit, Script, dan Help. Sebagai tambahan bagi pembaca budiman dan untuk mengingatkan penulis juga, File merupakan suatu fasilitas yang menyediakan input untuk memasukkan sebuah script program. Edit merupakan suatu fasilitas yang menyediakan input untuk menghapus sebuah script program. Script berfungsi untuk menjalankan eksekusi (execute) script program yang berupa MEL,yang di dalamnya memiliki fasilitas seperti : operasi analisis, operasi perbaikan, dan lain sebagainya dan Help berfungsi sebagai koneksi MEL command reference.

Menggunakan MEL commands dapat mempercepat pembuatan objek, pemindahan objek dengan tepat, dan lebih efisien. MEL script file (*.mel) adalah file yang memuat MEL commands, MEL procedures. MEL script dapat ditulis menggunakan text editor dan disimpan dengan extensi *.mel. MEL script dapat digunakan untuk scenes berbeda dan dalam work sessions yang beda. 

Sebagaimana sebuah bahasa pemrograman, maka dalam MEL Script pun dikenal istilah variable, string, konstanta, aritmetik, integer, floating points, logical operator, procedure, function. Script dapat dieksekusi, dengan cara langsung memasukkan script tersebut sebagai command input dari Script Editor. Demikianlah yang dapat penulis sajikan lebih kurangnya penulis mohon agar dimaafkan dari segalah kesalahan dan kekurangan yang ada, semoga yang sedikit dapat menjadi penyumbang pengetahuan bagi kita semua.

Referensi :

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
This Theme Modified by Kapten Andre based on Structure Theme from MIT-style License by Jason J. Jaeger