Apa itu game ? (PTG12)

Game atau permainan dalam bahasa indonesia memiliki arti aktifitas yang melatih intelektual, kelincahan, hiburan yang berdampak positif bagi kita selama game tersebut kita lakukan dengan baik dan mentaati peraturan game tersebut.
Ada pun definisi game menurut beberapa sumber sebagai berikut:
Wikipedia
Permainan merupakan sebuah aktivitas rekreasi dengan tujuan bersenang-senang, mengisi waktu luang, atau berolahraga ringan. Permainan biasanya dilakukan sendiri atau bersama-sama (kelompok).

David Parlett
Game adalah sesuatu yang memiliki "akhir dan cara mencapainya": artinya ada tujuan, hasil dan serangkaian peraturan untuk mencapai keduanya.

Roger Caillois
seorang sosiolog Perancis, dalam bukunya yang berjudul Les jeux et les hommes menyatakan game adalah aktivitas yang mencakup karakteristik berikut: fun (bebas bermain adalah pilihan bukan kewajiban), separate (terpisah), uncertain, non-productive, governed by rules (ada aturan), fictitious (pura-pura).

Greg Costikyan
Game adalah “sebentuk karya seni di mana peserta, yang disebut Pemain, membuat keputusan untuk mengelola sumberdaya yang dimilikinya melalui benda di dalam game demi mencapai tujuan”

Kimpraswil (dalam As’adi Muhammad, 2009: 26)
mengatakan bahwa definisi permainan usaha olah diri (olah pikiran dan olah fisik) yang sangat bermanfaat bagi peningkatan dan pengembangan motivasi, kinerja, dan prestasi dalam melaksanakan tugas dan kepentingan organisasi dengan lebih baik.
Sumber : http://joey-amel.blogspot.com/2010/04/pengertian-teknologi-game.html dan http://belajarpsikologi.com/metode-permainan-dalam-pembelajaran/

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
This Theme Modified by Kapten Andre based on Structure Theme from MIT-style License by Jason J. Jaeger