Catur itu Game, Asah Kepala atau Olahraga? (PTG11)

Dari pengertian game pada pembahasan lalu, yaitu aktifitas yang melatih intelektual, kelincahan, hiburan yang berdampak positif bagi kita selama game tersebut kita lakukan dengan baik dan mentaati peraturan game tersebut. Game juga bisa diartikan sebagai arena keputusan dan aksi pemainnya. Ada target-target yang ingin dicapai pemainnya.
Dengan kata lain, segala bentuk kegiatan yang memerlukan pemikiran, kelincahan intelektual dan pencapaian terhadap target tertentu dapat dikatakan sebagai game. Game juga merupakan cara untuk meningkatkan kreatifitas dan tingkat intelektual para penggunanya. Pada saat bersamaan, game juga secara nyata mempertajam daya analisis para penggunanya untuk mengolah informasi dan mengambil keputusan cepat yang jitu.
Nah, dari pembahasan d atas saya menyimpulkan bahwa catur termasuk ke dalam sebuah game. Karena catur melatih intelektual, memerlikan pemikiran dan pencapaian terhadap target tertentu. Pada game catur pemain akan mempertajam daya analisis untuk mengolah informasi dan mengambil keputusan cepat yang baik.
Alasan kenapa catur merupakan sebuah game adalah catur memiliki karakteristik sebuah game yaitu, alat(papan), peraturan, strategi(skill, kemampuan), dan single player/double player
Berikut penjelasan karakteristik sebuah game :

A. Peralatan
Misal : bola, kartu, papan, atau sebuah Komputer.

B. Peraturan
Peraturan digunakan untuk menentukan giliran pemain, hak dan keharusan masing-masing pemain, dan tujuan permainan.

C. Skill, Strategi dan Keberuntungan
Game dengan dengan skill, contohnya dengan kekuatan fisik, misal gulat, menembak dan kekuatan mental seperti catur.

D. Single Player Game (pemain satu orang) dan Double Player (lebih dari satu pemain)
Jika pemain tunggal, pemain harus bermain dengan keahlian, berpacu dengan waktu dan keberuntungan sedangkan pemain double, pemain diharuskan untuk menggunakan suatu strategi dan kekompakan sesama pemain, untuk mencapai tujuan tertentu atau sebaliknya pemain harus berlomba dengan pemain lainnnya untuk mencapai sesuatu tujuan.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
This Theme Modified by Kapten Andre based on Structure Theme from MIT-style License by Jason J. Jaeger