Pemasaran MIX 4P Bhinneka.com (T04)

Pasar merupakan suatu media dalam pemenuhan kebutuhan sehari-hari maupun khusus, perlakuan ini tak membuat Pasar yang kita kenal pada awalnya bersifat tradisional dimana antara pembeli dan penjual saling bertatap muka untuk melakukan transaksi atau pertukaran barang produksi atau dagangan. Pada zaman yang semakin berkembang ini, pasar tidak lagi terbatas pada lokasi dan waktu semata. Namun lebih pada suatu mekanisme mekanik dan intermedia. Dimana media menjadi alat yang mempertemuakan penjual dan pembeli. Dimana dengan alat-alat elektronik tersebut, pasar menjadi sangat luas. Luas dalam artian dimanapun kita berada, kita dapat melakukan transaksi pembelian terhadap suatu produk dipasar. Mari kita lihat perkembangan dunia pasar pada contoh kasus sederhana yaitu toko online komputer Bhinneka yang merupakan salah satu toko elektornik terbesar di Indonesia yang memiliki pusat terbesar berlokasi di lantai 3 Mall Mangga dua dan beberapa kota besar sekitar DKI Jakarta.

Target pasar
Setiap produksi atas barang produksi, pasti memiliki suatu tujuan tertentu. Dimana salah satunya adalah tujuan pasar yang akan dituju. Dengan mengetahui taget pasar, suatu barang produksi dapat terjual pada kasus-kasus yang lancar maupun kasus yang memiliki tantangan pasar. Target pasar merupakan suatu hal yang penting dalam hal penjualan barang produk. Salah satu dalam toko Bhinneka ini, target pasarnya pada produk elektronik yaitu laptop, computer, gadget, gps, dll. Yang dahulu kala toko ini hanya melakukan penjualan secara langsung, namun sekarang berkembang dan menggunakan dunia internet dalam proses jual belinya. Hal ini menambah keuntungan dan efisiensi kerjanya.

Promotion
Promotion produk-produk mereka juga sangat menarik dengan harga dan kwalitas pelayanan yang sangat optimum, mebuat toko ini banyak digemari dan diminati para mahasiswa yang mencari harga murah meriah. Dari berbagai foto, bener, dan selembaran yang disebarkan di media umum, hal ini menambah semakin dikenalnya toko ini di kalangan masyarakat khususnya para pelajar atau mahasiswa. Promotion yang paling menarik yaitu harga yang sangat murah disbanding dnegan toko yang lainnya.

Product
Tampilan pada website ini juga sangat simple. Dimana produk dipajang dengan harga yang cukup ringkas. Dengan begitu user atau pembeli tidak bingung karena banyak pilihan. Tampilan berupa pricelist table juga sangat mudah dan enak dilihat. Dimana layanan penjualan toko ini juga sangat memuaskan.

Place
Lokasi penjualan toko ini juga sangat mudah dicari karena berlokasi di salah satu mall. Selain itu nama domain dari website ini juga sangat mudah diingat. Jadi letak lokasi baik secara fisik maupun maya sangat menguntungkan. SEO dari webs ini juga lumayan kuat di dalama google.

Price
Penampilan harga produk dalam situs ini juga sangat simple. Namun yang lebih baik dari kabar yang lainnya yaitu soal harga yang lebih murah dan mungkin sangat murah dibandingkan dengan harga pada toko lainnya. Dari segi list harga produk yang dibuat hanya dengan table-table, ini juga sangat mudah dibaca dan user atau pembeli tidak dibungkan atau masih bertanya-tanya. Secara keseluruhan dalam toko ini menerapkan 4 komponen penting dalam mencapai target bisnisnya agar dikenal dan dipercaya para konsumennya. Banyak produk dan pelayanan dalam toko ini yang sangat memuaskan bagi konsumen. Kelak dengan beberapa prinsip tersebut, toko ini dapat berkembang denga pesat.


sumber : bhinneka

0 komentar:

Posting Komentar

 
This Theme Modified by Kapten Andre based on Structure Theme from MIT-style License by Jason J. Jaeger