Pasar merupakan suatu media dalam pemenuhan kebutuhan
sehari-hari maupun khusus, perlakuan ini tak membuat Pasar yang kita kenal pada
awalnya bersifat tradisional dimana antara pembeli dan penjual saling bertatap muka
untuk melakukan transaksi atau pertukaran barang produksi atau dagangan. Pada zaman
yang semakin berkembang ini, pasar tidak lagi terbatas pada lokasi dan waktu
semata. Namun lebih pada suatu mekanisme mekanik dan intermedia. Dimana media
menjadi alat yang mempertemuakan penjual dan pembeli. Dimana dengan alat-alat
elektronik tersebut, pasar menjadi sangat luas. Luas dalam artian dimanapun
kita berada, kita dapat melakukan transaksi pembelian terhadap suatu produk
dipasar. Mari kita lihat perkembangan dunia pasar pada contoh kasus sederhana
yaitu toko online komputer Bhinneka yang merupakan salah satu toko elektornik terbesar di Indonesia yang memiliki pusat terbesar berlokasi di
lantai 3 Mall Mangga dua dan beberapa kota besar sekitar DKI Jakarta.
Promotion produk-produk mereka juga sangat menarik dengan harga dan kwalitas pelayanan yang sangat optimum, mebuat toko ini banyak digemari dan diminati para mahasiswa yang mencari harga murah meriah. Dari berbagai foto, bener, dan selembaran yang disebarkan di media umum, hal ini menambah semakin dikenalnya toko ini di kalangan masyarakat khususnya para pelajar atau mahasiswa. Promotion yang paling menarik yaitu harga yang sangat murah disbanding dnegan toko yang lainnya.
Tampilan pada website ini juga sangat simple. Dimana produk dipajang dengan harga yang cukup ringkas. Dengan begitu user atau pembeli tidak bingung karena banyak pilihan. Tampilan berupa pricelist table juga sangat mudah dan enak dilihat. Dimana layanan penjualan toko ini juga sangat memuaskan.
Lokasi penjualan toko ini juga sangat mudah dicari karena berlokasi di salah satu mall. Selain itu nama domain dari website ini juga sangat mudah diingat. Jadi letak lokasi baik secara fisik maupun maya sangat menguntungkan. SEO dari webs ini juga lumayan kuat di dalama google.
Penampilan harga produk dalam situs ini juga sangat simple. Namun yang lebih baik dari kabar yang lainnya yaitu soal harga yang lebih murah dan mungkin sangat murah dibandingkan dengan harga pada toko lainnya. Dari segi list harga produk yang dibuat hanya dengan table-table, ini juga sangat mudah dibaca dan user atau pembeli tidak dibungkan atau masih bertanya-tanya. Secara keseluruhan dalam toko ini menerapkan 4 komponen penting dalam mencapai target bisnisnya agar dikenal dan dipercaya para konsumennya. Banyak produk dan pelayanan dalam toko ini yang sangat memuaskan bagi konsumen. Kelak dengan beberapa prinsip tersebut, toko ini dapat berkembang denga pesat.
0 komentar:
Posting Komentar