Memahami Aspek Website


Apakah Website itu ?

Sekumpulan “Halaman” yang saling berhubungan yang saling berhubungan yang dapat diakses publik melalui World Wide Web, yang menyebabkan tersebarnya informasi yang dibutuhkan oleh seantaro lapisan masyarakat dimanapun untuk menyelesaikan segala urusan mereka.

Suatu web sites biasanya mengandung teks dan gambar, merupakan sesuatu yang menjadi hal yang tak bisa terpisahkan dari sebuah halaman dimana selalu disajikan tulisan berupa teks dan gambar sebagai penjelasnya.

Web sites memiliki keuntungan dalam hal ketersediaan interaksi antara user dan halaman itu sendiri, dimana setiap informasi yang disajikan oleh sebuah Web sites dapat dinikmati oleh seluruh user yang terhubung didalamnya.

Secara sederhana Website adalah sebuah cara untuk menampilkan diri seseorang, lembaga, perseroan dan sebagainya di Internet. Dapat diibaratkan Website adalah sebuah tempat di Internet, siapa saja di dunia ini dapat mengunjunginya, kapan saja mereka dapat mengetahui tentang pemiliknya, memberi pertanyaan, masukan atau bahkan mengetahui dan membeli produk yang disajikan setiap saat jika mengadakan E-Commerce disana.

Supaya dapat eksis di Internet
(Internet Presence)

Ini salah satu motivasi yang menjadikan setiap orang menikmati ketika dapat berpartisipasi pada sebuah website yang dia senangi dan sering dikunjungi atau memang dia sebagai pemilikinya, secara sederhana hal ini merupakan sebuah Kombinasi dari :
-Website yang dirancang dengan baik
-Promosi yang dilakukan terus menerus
-Interaksi yang rutin antara pemirsa dengan anda melalui website dan Internet
-Penerapan aplikasi pada website
-Penggunaan tool web lainnya (misalnya e-mail)
-Kemampuan membaca pasar pengunjung ke website
-serta hal-hal yang memberikan ketertarikan lainnya

Internet Presence Tipikal
Website memiliki kredibilitas yang menunjang hampir dengan keseluruhan aspek pada gambar diatas dapat memiliki pengunjung yang jauh lebih banyak disbanding yang hanya dengan sebagian atau bahkan tidak sama sekali, sebagai contoh halaman fb (baca : facebook) memilki milyaran pengunjung tiap harinya dari berbagai Negara didunia karena memenuhi seluruh aspek yang menjadi promotor untuk menghadirkan pengunjung tiap waktunya.

Cara kerja Web site
Ok, kita beranjak kepada cara kerja sebuah website sebagai dasar atau awal sebelum kita akan lebih jauh membahas yang menjadi pembahasan kita pada kesempatan kali ini. Yaitu cara kerja dari sebuah halaman website seperti yang akan ditunjukan pada gambar dibawah ini.

Seorang pemilik (pengelola = jika dikerjakan pihak lain) menulis sebuah halaman dengan HTML (Hyper Text Markup Language) kemudian halaman itu akan disimpan pada direktori file HTML (database) yang sengaja diadakan secara online sebagai sumberdaya yang nantinya dapat diakses oleh user dan tentunya disesuaikan dengan kebijakan programmer sebagai pemberi hak akses (dalam hal ini bertindak sebagai Authors, pemilik dan penanggung jawab penuh terhadapa website). Halaman yang telah disajikan sebagai website akan langsung dipublish ke server dan akan langsung disajikan pada media internet melalui WWW (World Wide Web) selanjutnya akan dapat diakses atau dinikmati oleh users yang membutuhkannya (dalam hal ini sebagai clients dari sebuah website). Begitu juga sebaliknya jika ada interaksi yang berbalik arah dari users kepada authors misalnya ada pertanyaan atau mengirimkan pesan, maka arus yang aka dilalui pun merupakan kebalikan dari authors kepada users.

Fungsi Browser yaitu Menampilkan informasi yang berasal dari server (teks dan gambar (GIF, JPEG dsb.)
Ada dua jenis informasi yang akan diberikan : Hanya menampilkan teks (contoh: Lynx, ...) dan Bisa juga menampilkan grafis (MSIE, Netscape, ...). Biasanya ada perbedaan tampilan antara satu browser dengan browser lainnya tergantung penyedia layanan tersebut. Contohnya pada Mozilla, Internet Explorer, Opera tidak sama bentuk penyajiannya.
Server, Berbentuk program (daemon, httpd): berfungsi untuk Menanggapi koneksi TCP dan menyediakan layanan bagi client atau user.
Sedangkan Web servers adalah server yang menyediakan layanan web bagi authors dan user (clients)

Jadi secara permodelan Web site = host + Web server + information (file system)

Model web dengan proxy

URL (Uniform Resource Locator )

- menunjuk locating Internet resources, sebuah lokasi penyedia sumber daya yang akan menunjukka users kepada sumber daya yang disesdiakan atau diberikan oleh authors.
- merupakan identifier yang unik bagi suatu sumber daya di Internet
Mudahnya URL Mengindikasikan :
- berupa cara mengakses terhadap sebuah website
- menunjuk lokasi sebuah website
-Syntax yang sederhana untuk sebuah URL sebagai berikut :
Protocol://host_name[:port_num][/path][/file_name]
Contoh: http://www.youngresearher.com/informasi.html

3 Komponen Utama dari sebuah halaman Web Site

1. Domain Name, sesuatu yang mengindikasikan lokasi dan cara untuk mengakses website tersebut (dalam hal ini URL) :
- http://www.yourcompany.com
- Ada iuran tahunan (ada juga yang bulanan) yang harus dibayar
- Diperoleh melalui suatu “Register”

2. Desain dari web site itu sendiri, desain harus serasi dan menunjukkan keotentikan sebuah halaman yang kita miliki.

3. Menyediakan hosting untuk Web Site, jika memungkinkan kita dapat menydiakan hosting bagi yang lain namun jika tidak maka cukup hanya dapat membagikan informasi yang kita miliki itu sudah mencukupi untuk sebuah interaksi di dunia cyber. Hal-hal disediakan berupa :
-Tempat menyimpan files web site agar dapat diakses publik
-Pembebanan untuk biaya pertahunan atau bahkan perbulannya jika memungkinkan.

Berikut Hal Apa saja yang menyebabkan sebuah web site disebut berkualitas baik?

Agar sebuah website bernilai atau bahkan memberikan kontribusi berupa manfaat yang baik kepada pengunjung tentunya seorang authors harus memiliki kecendrungan untuk memahami hal-hal sebagai berikut.

- Target audience yang tepat (tampilan, atau bahasa yang digunakan)
- Menarik secara estetika dan relevan sebagai wujud keseriusan seorang authors merancangnya
- Informasi kekinian yang dibutuhkan, sumber daya yang memadai
- Waktu download yang cepat dan upload yang cepat pula
- Kemudahan navigasi yang disediakan
- Kemudahan penggunaan segala feature yang tersedia
- Kompatibel dengan berbagai macam browser yang ada dan sering digunakan
- Kompatibel dengan bermacam resolusi layar (misalnya 800x600, 1024x768)
- Keamanan akses yang memadai sebagai pelayanan terbaik.
- Credible dengan users.

Berikutnya insya Allah, kita akan membahas perancangan sebuah website sebagai kelanjutan dari pembahasan kita kali ini yang lebih menekankan kepada unsur perkenalan saja terlebih dahulu agar akrab dan bisa menerimanya sebagai bagian dari kehidupan kita (khususnya yang selalu berselancar kedunia maya ). untuk yang selanjutnya kita akan memasuki tahap-tahap terhebat untuk sebuah usaha yang tak terlupakan yaitu berpartisipasinya kita sebagai penikmat dan pemanfaat sumber daya dan segalah kemudahan yang telah diperjuangkan dengan susah payah oleh orang-orang yang dating terlebih dahulu sebelum hadirnya kita (IPTEK dan seluruh pengetahuan yang lain), semoga Allah membalas kebaikan mereka semua untuk kita, aminn..

 

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
This Theme Modified by Kapten Andre based on Structure Theme from MIT-style License by Jason J. Jaeger