Perkenalan Web site (Website Introducing)


Pada penulisan kali ini kita akan membahas latar belakang atau lebih umum kita mengenalnya sebagai sebuah sejarah awal mula dan perkembangannya sesuatu yang dapat kita nikmati hingga sekarang ini, sebelum menulis lebih banyak lagi tulisan yang berkaitan dengan ini atau bahkan kelanjutannya saya ingin sedikit bercerita mengenai aktifitas hari ini tanggal 4 April 2001, saya keperpustakaan kampus yang terletak dikampus D UG Margonda mencari referensi siang itu dan didepan kampus saat akan mem-fotocopy referensi penulisan ini saya bertemu sahabat sekelas, brother Rudy Kurniawan yang juga berada disana, tidak selang lama bertemu beliau beranjak kearah UI padahal sebenarnya kami tidak ada jadwal kelas hari ini namun saya telah mengira diapun hanya berpetualang saja dikampus sama halnya dengan saya. hanya saja saya orangnya cukup iseng dan juga jarak wisma tempat saya tinggal dekat dengan kampus, niat saya hanya mengharapkan referensi berupa bahan bacaan dan koneksi internet yang cukup baik serta gratis yang dimiliki oleh perpustakaan dan bisa dikatakan kemungkinan hanya saya yang sering menggunakannya untuk kepentingan pribadi (tenang sobat ! masih berkaitan dengan studi kog..hehehe), setelah mem-fotocopy beberapa referensi akhirnya saya kembali keperpustakaan lagi dan membaca beberapa buah buku yang belum sempat selesai dibaca dan waktu menunjukkan pukul 14.18 sedangkan batas peminjaman buku hanya sampai pukul 14.30, oleh karena ide saya mulai jalan yang pertama sekali saya harus terlebih dahulu meminta kepada petugas agar nanti saya akan sedikit terlambat dan yang kedua berhubung banyaknya unit buku yang boleh dipinjam Cuma 2 akhirnya saya memutuskan untuk meminjam dahulu 2 buah setelah itu saya melanjutkan membaca yang lainnya secara cepat, sesuai kebutuhan dan seefektif mungkin agar ilmu ini terus update seperti program..hehehe

Baiklah agar tidak pusing terdapat sampah-sampah tulisan yang tidak jelas saya akan langsung mengajak sobat muda sama-sama kita memahami apa itu situs web setelah itu definisinya, dilanjutkan dengan sejarahnya dan Insya Allah akan saya tutup dengan macam-macam situs web tersebut, adapun selainnya akan kita bahas pada tulisan berikutnya jika telah bertambah ilmunya. untuk mempersingkat waktu (ini ucapan yang paling sering saya dengar ketika SMA dahulu, namun sekarang sudah tidak pernah terdengar ) sobat muda boleh pegangan sekuat-kuatnya pada mouse dan keyboard kalian masing-masing..hehehe dan saya perbolehkan sobat sekalian untuk menyebarkan tulisan singkat ini baik sedikit ataupun keseluruhannya...

 Situs web / Web site (sering pula disingkat menjadi situs saja; web site, site) adalah sebutan bagi sekelompok halaman web (web page), yang umumnya merupakan bagian dari suatu nama domain (domain name) atau subdomain di World Wide Web (WWW) di Internet. WWW terdiri dari seluruh situs web yang tersedia kepada publik. Halaman-halaman sebuah situs web diakses dari sebuah URL yang menjadi "akar" (root), yang disebut homepage (halaman induk; sering diterjemahkan menjadi "beranda", "halaman muka" atau laman web), dan biasanya disimpan dalam server yang sama. Tidak semua situs web dapat diakses dengan gratis. Beberapa situs web memerlukan pembayaran agar dapat menjadi pelanggan, misalnya situs-situs yang menampilkan pornografi, situs-situs berita, layanan surat elektronik (e-mail), dan lain-lain. Sangat melebar dan agak membosankan nampaknya oleh karenanya ada bahasa ringannya Website adalah sebuah cara untuk menampilkan diri Anda di Internet. Dapat diibaratkan juga Website Anda adalah sebuah tempat di Internet, siapa saja di dunia ini dapat mengunjunginya, kapan saja mereka dapat mengetahui tentang diri Anda, memberi pertanyaan kepada Anda, memberikan anda masukan atau bahkan mengetahui dan membeli produk Anda intinya harus ada koneksi ke dunia global (internet deh, kita bahas nanti !). Jelas deh tuh..

Definisi

Secara terminologi, website adalah kumpulan dari halaman-halaman situs, yang biasanya terangkum dalam sebuah domain atau subdomain, yang tempatnya berada di dalam World Wide Web (WWW) di Internet seperti yang kalian kunjungi sekarang ini. Sedangkan sebuah halaman web adalah dokumen yang ditulis dalam format HTML (Hyper Text Markup Language) dan sekarang sudah banyak macam yang berkaitan dengannya dan memudahkan kita semua tentunya, yang hampir selalu bisa diakses melalui HTTP (singkatannya saya lupa! Nanti digoogling saja masing-masing atau akan saya bahas ditulisan yang akan dating, Insya Allah), pokoknya berfungsi sebagai protokol yang menyampaikan informasi dari server website untuk ditampilkan kepada para pemakai melalui web browser. Semua publikasi dari website-website tersebut dapat membentuk sebuah jaringan informasi yang sangat besar. Nah, Contohnya kaya fb (baca : Facebook) yang banyak sekali informasi yang dibagikan disana tiap harinya tentunya kalau kita eksis dan banyak teman terutama yang berasal dari luar tapi lokal juga cukup banyak.
Selanjutnya Halaman-halaman dari website akan bisa diakses melalui sebuah URL yang biasa disebut Homepage. URL ini mengatur halaman-halaman situs untuk menjadi sebuah hirarki, meskipun, hyperlink-hyperlink yang ada di halaman tersebut mengatur para pembaca dan memberitahu mereka sususan keseluruhan dan bagaimana arus informasi ini berjalan.
Beberapa website diantaranya membutuhkan subskripsi (data masukan) agar para user bisa mengakses sebagian atau keseluruhan isi website tersebut. Contohnya, ada beberapa situs-situs bisnis, situs-situs e-mail gratisan, yang membutuhkan subkripsi agar kita bisa mengakses situs tersebut. Hal ini dapat kita lakukan dengan terlebih dahulu mendaftar padanya agar mendapatkan hak akses dan mendapatkan informasi tentunya.

Sejarah

Sejalan dengan perkembangan website sudah selayaknya kita memberikan apresisai menuh dan menyeluruh kepada mereka-mereka yang terlibat baik secara individu atau berkelompok dan atau langsung atau tidak langsung sebagai pengembang (bahasa kerennya : developers) ilmu pengetahuan yang sangat bermanfaat ini sebagai cikal-bakal munculnya teknologi-teknologi baru yang Alhamdulillah dapat kita nikmati hingga hari ini. penemu website sendiri adalah Sir Timothy John “Tim” Berners-Lee, website yang tersambung dengan jaringan, pertamakali muncul pada tahun 1991. Maksud dari Tim ini ketika membuat website adalah untuk mempermudah tukar menukar dan memperbarui informasi kepada sesama peneliti di tempat mereka bekerja. Pada tanggal 30 April 1993, CERN (saya belum mendapatkan data cern ini, intinya merupakan tempat dimana Tim bekerja) menginformasikan bahwa WWW dapat digunakan secara gratis oleh semua orang dimanapun selama memiliki sumber daya untuk dapat menikmati internet.
Sebuah website sendiri bisa berupa hasil kerja dari perorangan atau individu, atau bahkan untuk menunjukkan kepemilikan dari sebuah organisasi, perusahaan, dan biasanya website sendiri menginformasikan beberapa topik khusus, atau kepentingan tertentu dari pemiliknya yang ingin diketahui oleh yang membutuhkannya. Sebuah website bisa berisi hyperlink (pranala) yang menghubungkan ke website lain. jadi, kadangkala perbedaan antara website yang dibuat oleh individu perseorangan dengan website yang dibuat oleh organisasi bisnis bisa saja tidak kentara namun tentunya ada pembeda yang bisa ditemukan disana seperti latar belakang dan informasi pemilik yang disajikan disana.
Website ditulis, atau secara dinamik di konversi menjadi HTML dan diakses melalui sebuah program software yang biasa disebut dengan web browser, yang dikenal juga dengan HTTP Client. Halaman web dapat dilihat atau diakses melalui jaringan komputer dan internet, perangkatnya bisa saja berupa komputer pribadi, laptop, PDA ataupun telepon selular yang kebanyakan kita memakainya dalam segalah akifitas kita –khususnya yang memiliki kepentingan-.
Sebuah website dibuat didalam sebuah sistem komputer yang dikenal dengan server web, juga disebut HTTP Server, dan pengertian ini juga bisa menunjuk pada software yang dipakai untuk menjalankan sistem ini, yang kemudian menerima lalu mengirimkan halaman-halaman yang diperlukan untuk merespon permintaan dari pengguna yang kita kenal dengan Apache atau IIS sebagai sebagai penyalurnya. Apache adalah piranti lunak yang biasa digunakan dalam sebuah webserver, kemudian setelah itu adalah Microsoft Internet Information Services (IIS).

Macam-macam Situs web / Web site

 Website static
Website static adalah salah satu bentuk website yang isi didalam website tersebut tidak dimaksudkan untuk di update secara berkala (tidak setiap saat) seperti pada lembaga-lembaga pemerintah, dan biasanya di maintain secara manual oleh beberapa orang yang menggunakan software editor. Ada 3 tipe kategori software editor yang biasa dipakai untuk tujuan maintaining ini, mereka adalah :
  1. Elemen 1 Penyunting teks. Contohnya adalah Notepad atau TextEdit, dimana HTML diubah didalam program editor tersebut.
  2. Elemen 2 WYSIWYG editor. Contohnya Microsoft Frontpage dan Macromedia Dreamweaver, dimana situs di edit menggunakan GUI (Graphical User Interface) dan format HTML ini secara otomatis di generate oleh editor ini.
  3. Elemen 3 Editor yang sudah memiliki templat, contohnya Rapidweaver dan iWeb, dimana, editor ini membolehkan user untuk membuat dan mengupdate websitenya langsung ke server web secara cepat, tanpa harus mengetahui apapun tentang HTML. Mereka dapat memilih templat yang sesuai dengan keinginan mereka, menambah gambar atau obyek, mengisinya dengan tulisan, dan dengan sekejap mereka sudah dapat membuat situs web tanpa harus melihat sama sekali kode-kode HTML.
Cukup jelas sepertinya, semoga dapat kita pahami bersama.
website dynamic
website dynamic adalah website yang secara berkala, informasi didalamnya berubah, atau website ini bisa berhubungan dengan user dengan berbagai macam cara atau metode (HTTP cookies atau Variabel Database, sejarah kunjungan, variabel sesi dan lain-lain) bisa juga dengan cara interaksi langsung menggunakan form dan pergerakan mouse. Ketika web server menerima permintaan dari user untuk memberikan halaman tertentu, maka halaman tersebut akan secara otomatis di ambil dari media penyimpanan sebagai respon dari permintaan yang diminta oleh user. Sebuah situs dapat menampilkan dialog yang sedang berlangsung diantara dua user, memantau perubahan situasi, atau menyediakan informasi yang berkaitan dengan sang user.
Ada banyak jenis sistem software yang dapat dipakai untuk meng-generate Dynamic Web System dan Situs Dynamic, beberapa diantaranya adalah ColdFusion (CFM), Active Server Pages (ASP), Java Server Pages (JSP) dan PHP, bahasa pemrogram yang mampu untuk meng-generate Dynamic Web System dan Situs Dinamis (sekarang banyak kita jumpai di took buku, perpustakaan bahkan media online yang menyajikannya secara gratis jika ingin mempelajarinya). Situs juga bisa termasuk didalamnya berisi informasi yang diambil dari satu atau lebih database, sebagai missal pada situs tersebut gambar atau suara yang disajikan adalah berasal dari website yang sengaja dilink-an dengan website seseorang, atau bisa juga menggunakan teknologi berbasis XML, contohnya adalah RSS (yang umum kita temukan pada sebuah blog atau portal pribadi). Isi situs yang statis juga secara periodik di generate, atau, apabila ada keadaan dimana mereka butuh untuk dikembalikan kepada keadaan semula, maka dia akan di generate, hal ini untuk menghindari kinerjanya agar tetap terjaga.
Plugin yang tersedia umumnya untuk menambah banyaknya feature dan kemampuan dari web browser. dimana, plugin ini dipakai untuk membuka content yang biasanya berupa cuplikan dari gambar bergerak (active content) contohnya adalah Flash, Shockwave atau applets yang ditulis dalam bahasa JAVA (javascript). Dynamic HTML juga menyediakan untuk user agar mereka bisa secara interaktif dan realtime, meng-update di web page tersebut (catatan; halaman yang diubah, tak perlu di load atau di reloaded agar perubahannya dapat dilihat), biasanya perubahan yang dilakukan mereka memakai DOM dan Javascript yang sudah tersedia pada semua Web Browser yang ada sekarang ini.

Seperti yang tertulis di atas, di luar sana ada beberapa perbedaan dalam penulisan dari terminologi website. Walaupun ¨Website¨ sudah secara umum dipakai, namun untuk Associated Press Stylebook, Reuters, Microsoft, Academia, dan kamus-kamus yang ada, penulisan yang mereka pakai adalah dengan menggunakan 2 kata, yaitu Web site. Hal ini karena ¨Web¨ bukanlah terminilogi umum, namun kependekan dari World Wide Web. Namun tidak akan saya bahas dan permasalahkan karena pada dasarnya kita memahaminya dengan pengertian yang sama tentunya.

Setelah menulis sesuai yang direncanakan, saya berharap semoga sedikit sekali informasi yang dimuat diatas dapat bermanfaat bagi sobat muda yang membutuhkannya. Sebagai konklusi terbaik dari saya untuk sobat sekalian, saran dan motivasi yang bermanfaat tentunya dapat ditinggalkan pada komentar diakhir tulisan ini. Sekali lagi saya ucapkan terima, lebih kuragnya saya memohon agar dimaafkan dan semoga bermanfaat untuk saya dan semua yang membacanya.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
This Theme Modified by Kapten Andre based on Structure Theme from MIT-style License by Jason J. Jaeger