Pembuatan Kaleng dengan Blender (DPG_31)

Bermodalkan sedikit pengetahuan mengenai animasi dan disain multimedia, epnulis mencoba membahas sedikit mengenai pembuatan sebuah bentuk objek yaitu Kaleng dengan menggunakan aplikasi 3D open software blender. Sebelumnya penulis mendapatkan materi dan mengenal blender sendiri dari Laboratorium menjelang UTS (Ujian Tengah Semester) yaitu baru dua kali pertemuan, namun Penanggung Jawab (PJ) praktikan (sebutan peserta praktikum) memberikan gambaran bahwa setelah UTS nanti pada pertemuan yang ketiga dan seterusnya kita akan membuat sebuah objek yaitu Kaleng yang dilanjutkan dengan Kaleng tersebut dapat bergerak dengan animasi dan sebagainya. Sehingga sejak selesai praktikum tersebut meski telah disibukkan dengan menyiapkan diri menghadapi UTS penulis tetap menyempatkan diri agar dapat mengerjakan pembuatan Kaleng dengan blender ini pelan-pelan dan bermaksud hanya mencoba-coba saja, namun hasilnya berkata lain penulis jadi terfokus kepada pembuatan kaleng menggunakan blender ini sampai pada tahap pewarnaan hingga terselesaikan juga akhirnya dan pada penulisan berikutnya akan penulis coba mengimplementasikannya dalam bentuk animasi, tujuannya yaitu bukan untuk mendahului praktikum di laboratorium melainkan hanya sebagai pengaplikasian dan share pengetahuan saja serta melengkapi tugas softskill disain pemodelan grafik penulis, untuk proses pembuatannya sendiri yaitu akan melalui 2 tahap dimana langkah awal yaitu Modeling dan yang kedua Texturing dan UV Mapping (penulis jadikan satu), selengkapnya sebagai berikut.
Langkah Modeling

1.   Buka aplikasi blender
2. Masuk ke panel properties (N) , scrool ke bawah, pilih background images dan cari file gambar kaleng sebagai bantuan modeling dengan axis Front.

3.   Ubah tampilan viewport ke Front Orthogonal (tekan 1 (front) dan 5 (orthogonal)). Zoom
gambar hingga memenuhi layar.

4. Klik kanan pada objek cube, tekan x untuk hapus objek cube tersebut
5. Buat objek baru (Shift A) Add > Mesh > Tube
6.   Pada panel properties, ubah nama tube menjadi kaleng.

7.   Pada panel Tools, ubah jumlah verticles dari 36 menjadi 12 dan hilangkan cek pada CAP ENDS

8.   Klik Tab untuk masuk ke edit mode.
9.   Lakukan scale pada objek hingga memenuhi kaleng (lihat gambar berikut).

10. Deselect objek, lalu seleksi vertex pada bagian bawah, klik B kemudian seleksi vertex bawah.
             
11. Extrude vertex dan grab (tekan E dan Z, geser)sampai bagian bawah (lihat gambar)

12. Scale dan grab (S) bagian tersebut seperti pada gambar berikut.

13. Extrude ke bagian bawah seperti yang dilakukan pada langkah ke 11

14. Sembunyikan bagian yang tidak perlu ditampilkan dalam modeling, tekan Alt + B lalu seleksi bagian bawah (perhatikan gambar).
    
15. Seleksi vertex bagian bawah, lalu tekan CTRL + 7 untuk ke bottom port


16. Extrude dan scale (tekan E + S) vertex yang diseleksi hingga menjadi seperti gambar berikut.

17. Proses menutup bagian bawah, deselect (tekan A). Pilih 2 vertex yang saling berhadapan dengan multiple select (shift + klik kanan) dan tekan F untuk membentuk edge baru dari 2 buah vertex tersebut.

18. Lakukan subdivide agar muncul vertex baru tepat di tengah-tengah dengan cara tekan W
dan klik subdivide

19. Deselect (A), lalu pilih 4 vertex dan tekan F untuk membentuk Face.

20. Lakukan hal yang sama untuk vertex yang lain hingga menjadi seperti gambar berikut.

21. Ubah kembali tampilan ke front orthogonal (tekan 1) dan kembalikan bagian yang tersembunyi dengan tekan Alt + B
22. Untuk bagian atas, lakukan extrude dan scale sama seperti bagian bawah tadi hingga seperti gambar berikut.

23. Seleksi bagian vertex atas, lalu Ubah view menjadi Top Orthogonal (tekan 7)


24. Lakukan extrude dan scale kembali menjadi seperti gambar berikut.

25. Ubah view ke right orthogonal (tekan 3), lalu lakukan extrude dan scale seperti gambar berikut.

26. Kembali ke top ortho, lalu lakukan extrude dan scale seperti gambar berikut.

27. Kembali ke right ortho, extrude dan scale menjadi seperti gambar berikut.

28. Ubah view ke top, lalu tutup bagian atas seperti cara menutup bagian bawah, menjadi seperti gambar berikut.
                         
29. Kembali ke front ortho dan kembalikan bagian yang tersembunyi (alt + B)
30. Selanjutnya memberikan subdivision surface agar tampilan menjadi halus. Perhatikan gambar berikut.


31. Pada panel Tool –Shading, klik smooth

32. Objek terlihat masih belum seperti yang di maksud (kaleng minuman) karena efek tadi.
Solusinya melakukan loop cut di bagian tengah kaleng (ingat tutorial kotak telepon).
33. Tekan Ctrl + R, lalu drag (klik kiri geser) mendekati bagian atas. Perhatikan gambar berikut.
                         
34. Tambahkan loop cut lagi agar terlihat lebih halus dan bagus, lakukan hal yang sama untuk bagian bawah.


35. Beri 7 loop cut di bagian tengah agar lebih halus, deselect lalu select all kemudian klik smooth pada panel shading.

                         

Langkah Texture dan UV Mapping

1.   Kembali ke tampilan edit mode

2.   Klik icon material

3.   Buat 2 buah material (metal dan skin)

a. Metal

i)   Select All (A)

ii)  Klik New Material (lambang + )



b. Skin

i)          Seleksi bagian pinggir kaleng dengan tekan B, perhatikan gambar berikut.
  
ii)   Klik New Material (lambang +), tambahkan konfigurasi seperti gambar berik



4.   Klik Assign

Demikianlah yang dapat penulis share pada pembuatan objek kaleng dengan blender kali ini, semoga yang sedikit ini dapat bermanfaat serta memberikan kontribusi positif terhadap perkembangan IT di tanah air.

Sumber : Siswanto (Komunitas Blender Indonesia)

0 komentar:

Posting Komentar

 
This Theme Modified by Kapten Andre based on Structure Theme from MIT-style License by Jason J. Jaeger