Penggunaan Email Yahoo dan Gmail berikut Keamanannya

Tulisan ringan tentang penggunaan email yahoo dan gmail ini berisi tentang pengaturan email untuk memaksimalkan fitur-fitur yang disediakan Yahoo Mail dan Gmail selanjutnya sisi keamanan atau tips mengamankan Email kita. Seperti telah kita lihat bahwa komunikasi email sekarang sudah menjadi sangat populer karena berbagai kemudahan dan manfaat yang ditawarkan. Yahoo Mail maupun GMail menjadi dua layanan email gratis yang paling banyak pengguna. Dua layanan favorit ini mempunyai kelebihan dan kekurangan jika dibandingkan. Banyak orang yang memilih untuk tetap mengunakan kedua layanan email ini dibandingkan hanya memilih salah satunya.
Berikut akan dijelaskan beberapa fitur penting pada kedua layanan ini
1. Pengelolaan folder/label.
Yahoo dan Gmail sama-sama memiliki fasilitas pengelolaan folder. Surat yang ada diinbox juga dapat dipindahkan pada folder atau label untuk gmail. Secara layout folder dari yahoo sedikit lebih terorganisir daripada label pada gmail. Untuk membuat folder baru cukup klik add pada folder. Untuk Gmail klik more dan create new label. Untuk memindahkan surat dari inbox ke folder/label caranya hampir sama, yaitu dengan centang surat yang dimaksud kemudian klik move/move to. Dalam hal membalas surat Gmail mempunyai keunggulan karena histori percakapan email terekam secara berurutan dalam email terbaru sehingga kronologis surat berbalas dengan satu subject akan dengan mudah dapat diliat kembali.
2. Fasilitas perlindungan spam
Yahoo dan gmail sama-sama memiliki fasilitas perlindungan terhadap spam. Untuk melaporkan email yang dianggap spam sama-sama dengan mudah mencentang dan mengeklik spam. Yahoo mempunyai tambahan fasilitas disposable email yaitu alamat yang dapat dipakai untuk suatu keperluan dan jika keperluan telah selesai dan kita tidak menginginkan untuk mendapatkan email tidak penting, dengan mudah kita dapat kita hapus tanpa kehilangan email utama kita. Fasilitas tersebut berada pada Option>More Option>Disposable Email Address>add address. Kita dapat menggunakan email itu semisal untuk mengisi alamat email saat ingin mendapatkan brosur keterangan dari sebuah toko online. Setelah keperluan kita selesai dapat menghapus alamat email tersebut sehingga si toko online tidak akan dapat mengirim lagi brosur-brosurnya yang kita anggap tidak penting. Dari banyaknya serangan, yahoo mail lebih banyak serangan spam, mungkin karena memang lebih populer. Secara umum untuk meminimalkan spam, pengguna email seharusnya memperhatikan beberapa hal berikut:
- tidak bergabung di milist yang anggotanya tidak dikenal dengan menggunakan email utama
- tidak menuliskan alamat email utama pada website ataupun jejaring sosial manapun
- tidak mengirimkan atau mereply di milist yang menggunakan open archieve karena isi message ataupun alamat email kita akan terpapar di internet.
Pada yahoo juga dapat diblock secara permanen suatu email address pada fasilitas spam ini.
3. Fasilitas filtering
Melengkapi fasilitas folder/label, yahoo dan gmail sama-sama menyediakan fasilitas filtering. Fasilitas ini digunakan untuk mengelompokan email sesuai dengan kategori masing-masing sehingga email tidak bercampur aduk di inbok. Misalkan kita join milist alumni di univ kita maka kita tinggal mencreate folder alumni dan membuat filter alumni sehingga jika ada email dari milist tersebut akan masuk folder alumni. Pada yahoo mail, Option>more option>filter>add filter kemudian tinggal berinama filter tersebut dan copy paste alamat milist tersebut pada kotak recipient dan atur aksinya Move to Folder: Milist. Pada Gmail klik Settings>Filters>Creat new filter kemudian isi kriterianya dan klik next selanjutnya tentukan aksinya Apply to the label: milist. Fasilitas untuk mengeblock alamat pada Gmail dapat tergantikan pada fungsi ini dengan menerapkan aksi tandai sebagai spam. Pada Yahoo sudah ada fasilitas terseniri untuk mengeblock alamat email seseorang
4. Fasilitas Pop and Forwarding
Kedua layanan ini mempunyai fasilitas tersebut seandainya kita ingin menggunakan email client seperti outlook atau mozilla Thunderbird atau jika kita ingin memforward ke alamat email lain. Pada yahoo berada pengaturannya ada di Option>more Option>Pop and Forwarding. Pada Gmail ada di Settings>Forwarding and POP/IMAP. Pada yahoo alamat POP3 Server dan SMTP servernya bisa diklik pada tanda tanya dibelakang Allow your Yahoo! Mail to be POPed. Tinggal centang opsi tersebut dan konfigurasi email client kita maka kita bisa menggunakan email client kita untuk memanage email kita. Pada Gmail cara konfigurasinya bahkan diberi contoh dengan jelas yang dapat di klik pada Configuration Instruction.
5. Auto response/Vacation Response
Jika kita sedang liburan atau tidak sempat membuka email dan ingin menjawab secara otomatis, kedua layanan ini menyediakan fasilitasnya. Pada yahoo di option>More Option>Vacation Response. Pada Gmail di Settings>General kemudian pilih di auto response. Tinggal kita ketikan message yang digunakan untuk menjawab otomatis beserta periodenya maka relasi yang mengirimkan email akan mendapat jawaban langsung yang memberitahukan kita sedang tidak bisa menjawab email.
Gmail dan yahoo mail juga menyediakan fasilitas chatting lewat webmail mereka. Yahoo juga menyediakan perlindungan supaya saat kita mengetik tidak di redirect ke webmail yang salah melalui fasilitas create your sign-in seal pada halaman login. Kita dapat memasukan karakter sampai 21 karakter ataupun gambar yang membuat kita bisa menandai bahwa kita benar berada di halaman web loginnya yahoo mail. Masih ada beberapa fasilitas yang dapat dilihat pada Option atau Settings di kedua layanan tersebut. Secara fasilitas memang dua layanan ini berimbang, terserah pada pengguna mau memilih yang mana atau mau menggunakan kedua duanya.
Keamanan Email

Seiring dengan pertumbuhan teknologi, email menjadi sarana komunikasi yang semakin banyak digunakan. Di negara maju, email bahkan sudah menjadi komunikasi utama di kantor atau antara pelanggan dan nasabahnya. Pemberitahuan rapat dan segala hal yang menyangkut urusan kantor menjadi sangat praktis dengan menggunakan email. Bahkan ada bannk yang menggunakan email sebagai komunikasi utama untuk menyampaikan tagihan kartu kredit atau komunikasi penting lainnya.
Dengan fungsinya yang sangat penting tersebut, maka sebagai pengguna harus benar-benar memperhatikan faktor keamanan emailnya. Tulisan ini membahas faktor keamanan email dari sisi pengguna email. Beberapa tahun terakhir ini kasus pembajakan email sangat marak terjadi. Banyak korban yang dirugikan bahkan secara finansial, karena email yang dibajak dipergunakan untuk menipu orang lain dengan berbagai modus. Banyak kerugian lainnya yang diderita akibat pembajakan eccount email seseorang.
Untuk dapat mengantisipasi pembajakan email maka kita harus mengetahui modus yang digunakan seseorang untuk mendapatkan username dan password kita. Umumnya account email disalahgunakan oleh orang lain karena kelalaian dari pemilik account tersebut. Beberapa hal yang menimbulkan kerawanan adalah sebagai berikut:
1. Akses internet di fasilitas umum seperti warnet.
- Pada ruang publik tentunya akan lebih rawan daripada akses internet privat. Seringkali pengguna tidak melakukan logout account emailnya sehingga browser akan langsung membuka email tersebut saat orang lain ingin login ke fasilitas email yang sama. Untuk itu jika pengguna membuka email di warnet harus memastikan bahwa accountnya telah logout saat selesai dan tidak menerima fasilitas save password dari browser.
- Selain itu pemasangan keylogger juga harus diwaspadai. Untuk mengatasi hardware keyloger dapat digunakan virtual keyboard saat mengetikan user name dan password. Free virtual keyboard dapat didownload di sini.
Untuk keylogger berupa perangkat lunak memang sulit untuk memastikan keberadaannya karena software ini biasanya dipasang oleh orang pada web dan disamarkan seolah seperti aplikasi yang bermanfaat atau dengan berbagai modus lainnya. Langkah-langkah umum yang dilakukan supaya sedikit lebih aman dari software keylogger adalah seperti tetap mennjaga antivirus dan anti spyware up to date, menggunakan firewall, mengupdate OS, berhati-hati jika mengunjungi situs yang tidak terpercaya dan menghentikan antivitas jika real time protection anti virus atau anti spyware kita menangkap ada sesuatu yang terinstal saat mengunjungi suatu web. Hal ini tentu sangat susah kita pastikan saat menggunakan fasilitas umum. Pada komputer pribadi bisa dilakukan juga dengan menggunakan mode user terbatas selain administrator saat mengakses internet sehingga tidak akan ada aplikasi yang bisa terinstall secara otomatis.
- Pada access public hotspot juga harus berhati-hati terhadap proses sniffing yang mungkin dilakukan dengan memperhatikan dengan benar akses ke gateway.
2. Ketidakpedulian user terhadap passwordnya
- Seringkali untuk memudahkan mengingat, user menggunakan password sederhana seperti tanggal lahir, kota tempat lahir ataupun password sederhana lainnya yang mudah ditebak seperti angka 012345. Untuk mengamankan account kita sebaiknya menggunakan password yang merupakan kombinasi huruf angka dan special karakter
- Penyimpanan password pada browser atau pada suatu note dalam harddisk, flashdisk ataupun pada hanphone sering dilakukan oleh user awam. Hal ini memang sangat praktis karena kita tidak perlu pusing mengingat password tetapi titik rawan ini sering mengakibatkan account kita terbajak misalkan akibat handphone kita ditemukan orang lain dan data username dan password kita diketahui oleh orang tersebut. Untuk itu jika ingin menuliskan di kertas atau di flashdisk atau media penyimpan lainnya kita dapat sedikit mengamankannya dengan menggunakan teknik enkripsi sederhana. misalkan semua pasword dan user name kita kita tulis dengan menggunakan caesar cipher dengan menggeser password tersebut dengan suatu pola tertentu berdasarkan satu kunci yang kita ingat. Hal ini sangat praktis jika kita lupa password kita dan jika orang lain menemukan catatan password tersebut, orang itu jua tidak bisa menggunakannya karena pasword kita terenkripsi. Dengan kalimat sederhana, tulislah password anda tetapi usahakan hanya anda yang tahu cara membacanya.
- Kecenderungan user menggunakan password yang sama untuk berbagai keperluan. Hal ini praktis tapi tidak aman.
3. Ketidakpedulian akan terpaparnya data diri di ruang publik
- Pengguna internet awam akan dengan mudah menampilkan data pribadi seperti tempat dan tanggal lahir maupun alamat email di ruang publik seperti social networking. Dengan menggunakan data diri tersebut orang iseng bisa saja mensabotase email kita dengan menggunakan fasilitas yang tersedia untuk orang yang lupa password. Jika hal ini dikombinasi dengan pertanyaan sekuriti yang mudah ditebak maka kemungkinan email terbajak akan semakin besar. Demi keamanan account jangan pernah mempublish data diri secara lengkap di internet. Apabila mempublish CV di internet maka bagian dari kompetensi dan keahlian saja yang dipublish, bagian data personal hanya by request untuk instansi atau yang kita percaya.
- Bergabung dengan milist terbuka dengan alamat email utama.
Banyak orang yang bergabung dengan milist terbuka yang keanggotaanya dapat diliat oleh siapapun dengan menggunakan alamat email utama. Hal ini paling tidak akan menyebabkan email kita terkena spam dengan mudah karena data email kita terpapar di ruang publik. Sebaiknya mempunyai dua alamat email untuk keperluan utama kita dan keperluan lain seperti mailingllist umum yang anggotanya tidak kita kenal dan tidak terpercaya.
4. Ketidaktahuan akan fitur email yang digunakan.
Beberapa tahun lalu banyak penyedia layanan email yang kurang memperhatikan masalah proteksi terhadap user. Akan tetapi sekarang ahl tersebut sudah berubah, banyak penyedia layanan email telah menggunakan protokol https pada saat proses login. Untuk itu dalam memilih email kita harus memilih email dengan keamanan yang cukup terjamin. Ada penyedia layanan seperti yahoo mail yang telah menyediakan fasilitas untuk menghindari typo site atau situs palsu dengan cara memasukan suatu kode kita sehingga saat kita salah ketik atau ada suatu softwre yang mengarahkan ke site tertentu maka kita dengan mudah mengenali bahwa site tersebut adalah palsu. Yahoo mail juga menyediakan layanan seperti disposable email yang berguna untuk menghindari spam karena alamat tersebut dapat dihapus tanpa kita kehilangan alamat utama kita. Alamat tersebut dapat digunakan misalkan selama proses pembelian suatu barang. Dan jika proses telah selesai dan kita tidak ingin menerima iklan atau informasi lainnya kita dapat dengan mudah menghapus alamat tersebut. Untuk itu sebaiknya kita meluangkan waktu sejenak mengenali fitur yang ditawarkan oleh layanan email kita.
Demikian tulisan tentang keamanan email, tentunya masih ada celah-celah lain yang dapat membuat account kita terbajak yang belum ditulis dalam tulisan ini. /ref: Dr-Ing. Dhidik Prastiyanto

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
This Theme Modified by Kapten Andre based on Structure Theme from MIT-style License by Jason J. Jaeger