Pada saat berbisnis hal
yang harus diperhatikan adalah rasa tanggung jawab.sebuah perusahaan harus
memikirkan aspek yang baik didalam barang/jasa yang diperkenalkannya,jangan
hanya mementingkan keuntungan semata.
Dalam mendirikan suatu
usaha perlu diperhatikan aspek yang berhubungan dengan usaha tersebut.salah
satu adalah rasa tanggung jawab social. Dalam cangkupan yang lebih luas
tanggung jawab tersebut dikenal dengan istilah CSR (Corporate Social
Responsibility). Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan suatu konsep
yang mempunyai pengertian bahwa sebuah organisasi perusahaan harus memiliki
tanggung jawab kepada konsumen, karyawan, pemegang saham, komunitas, dan
lingkungan dalam aspek operasionalnya. Corporate Social Responsibility (CSR)
ditujukan untuk mendorong seluruh perusahaan dalam rangka terciptanya suatu
pembangunan yang berkelanjutan (sustainable development). Peranan CSR dapat
dipandang sebagai upaya untuk mewujudkan good corporate govern-ance, good
corporate citizenship dan good business ethics dari sebuah entitas bisnis.
Sehingga perusahaan tidak cukup hanya memikirkan kepentingan shareholder
(pemilik modal), tetapi juga mempunyai orientasi untuk memenuhi kepentingan
seluruh stakeholders.
Syarat bagi Tanggung
Jawab Moral
• Tindakan
itu dijalankan oleh pribadi yang rasional
• Bebas
dari tekanan, ancaman, paksaan atau apapun namanya
• Orang
yang melakukan tindakan tertentu memang mau melakukan tindakan itu
Status Perusahaan
Terdapat dua pandangan
(Richard T. De George, Business Ethics, hlm.153), yaitu:
• Legal-creator,
perusahaan sepenuhnya ciptaan hukum, karena itu ada hanya berdasarkan hukum .
• Legal-recognition,
suatu usaha bebas dan produktif .
Tanggung jawab sosial
perusahaan hanya dinilai dan diukur berdasarkan sejauh mana perusahaan itu
berhasil mendatangkan keuntungan sebesar-besarnya (Milton Friedman,The Social
Responsibilities of Business to Increase Its Profits, New York Times Magazine,13-09-1970).
Lingkup Tanggung jawab
Sosial
• Keterlibatan
perusahaan dalam kegiatan sosial yang berguna bagi kepentingan masyarakat luas
.
• Keuntungan
ekonomis.
Hubungan Masyarakat
Sosial terhadap Tanggung Jawab Perusahaan
• Kebutuhan
dan Harapan Masyarakat yang Semakin Berubah
• Terbatasnya
Sumber Daya Alam .
• Lingkungan
Sosial yang Lebih Baik .
• Perimbangan
Tanggung Jawab dan Kekuasaan .
• Bisnis
Mempunyai Sumber Daya yang Berguna .
• Keuntungan
Jangka Panjang.
0 komentar:
Posting Komentar