Panduan Penulisan dan Penyerahan sebuah Makalah

PENDAHULUAN

Penulisan dan Penyerahan Makalah diatur lewat ketentuan-ketentuan tertentu dengan maksud untuk menjaga keseragaman makalah dan memudahkan Panitia Simposium dalam hal penggandaan makalah dan penyusunan proceeding.

Ketentuan-ketentuan ini mengatur dua hal utama yaitu : penulisan makalah dan penyerahan makalah. Ketentuan mengenai penyerahan makalah meliputi pengaturan dalam hal bentuk, cara dan tanggal batas akhir penyerahan. Sedangkan ketentuan mengenai penulisan makalah meliputi pengaturan dalam hal perangkat lunak, pengaturan halaman, ketentuan huruf dan paragraf, sistematika penulisan, cara penulisan tabel, cara pembuatan gambar, cara penulisan daftar pustaka, dan lain-lain.

KETENTUAN PENULISAN MAKALAH

GAMBARAN UMUM

Naskah Panduan Penyerahan dan Penulisan Makalah ini sengaja ditulis sedemikian rupa dengan mengikuti ketentuan penulisan yang ada, sehingga format penulisan panduan ini dapat dijadikan acuan bagi cara-cara penulisan makalah.

PENGGUNAAN PERANGKAT LUNAK

Penulisan makalah harus dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak Microsoft Word 2007 atau versi-versi sebelumnya. Semua tabel, gambar dan persamaan yang dibuat dengan program lain, harus diimport ke Microsoft Word. Bentuk-bentuk seperti nomogram manual, grafik yang rumit, dan lain-lain, disarankan untuk di-scan dalam bentuk file gambar, baru diimportkan ke Microsoft Word.

Panitia pada akhirnya hanya akan menerima naskah dalam sebuah file (1 file) Microsoft Word. Ketentuan ini dibuat untuk memudahkan Panitia Pelaksana Simposium dalam hal pengaturan akhir (final setting), penggandaan makalah dan penyusunan proceeding.

BAHASA DAN HURUF

Penggunaan bahasa, jenis huruf, dan warna diatur dalam ketentuan-ketentuan sebagai berikut :
1.    Keseluruhan naskah ditulis dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar atau bahasa Inggris yang baik dan benar.
2.    Baik makalah yang ditulis dengan bahasa Indonesia maupun makalah yang ditulis dengan bahasa Inggris diawali dengan abstrak berbahasa Inggris.
3.    Keseluruhan naskah ditulis dengan huruf jenis Times New Roman. Perkecualian pemilihan jenis huruf yang lain diberikan bagi penulisan isi tabel, gambar serta persamaan.


PENGATURAN HALAMAN

Pengaturan halaman diatur dengan ketentuan-ketentuan sebagai berikut :
1.    Kertas berukuran A4, menghadap vertikal.
2.    Bila memerlukan tabel atau gambar berorientasi horisontal, sisi atas tabel atau gambar tersebut harus diletakkan pada sisi kiri versi vertikal. Dengan demikian keseluruhan halaman yang bersangkutan masih berorientasi vertikal.

Gambar : 


3.    Jumlah halaman maksimum adalah 10 halaman, sudah termasuk penulisan judul, abstrak, badan naskah, daftar pustaka, tabel-tabel, gambar-gambar dan lampiran-lampiran.
4.    Margin atas, bawah, kiri dan kanan masing-masing  2,5 cm.

5.    Headers : 1,25 cm. Footer : 1,25 cm

6.    Ditulis dalam bentuk 1 kolom (Gambar 3b).


HEADER DAN PENOMORAN HALAMAN
Pada headers dituliskan identifikasi Simposium dengan huruf Times New Roman ukuran 10 pt, miring, tebal, rata tengah. Headers ditulis pada halaman kedua hingga kesepuluh (tidak pada halaman pertama). Untuk itu pengaturan halaman juga harus diset : page setup -–layout – headers and footers – different first page.

 Setiap halaman harus diberi nomor. Nomor halaman pada derah footer pada posisi center (gambar 4). Nomor halaman ditulis dengan huruf Times New Roman, 12 pica, tegak, ketebalan biasa. Nomor halaman dituliskan mulai halaman 1 sampai dengan halaman 10. Pengaturan setting dapat dilakukan sebagai berikut : insert – page numbers position : bottom of page – alignment : center.


KETENTUANMENGENAI BAB DAN PARAGRAF
Pengaturan paragraf diatur dalam ketentuan-ketentuan sebagai berikut :

Ketentuan mengenai paragraf :
1.    Ukuran huruf dalam paragraf          : ukuran 12 pt
2.    Spasi antar kalimat                         : 1 spasi
3.    Spasi antar paragraf                       : 1,5 spasi

Ketentuan mengenai bab :
1.    Huruf judul bab                              : ukuran 12 pt, tebal, huruf kapital (ALL CAPS)
2.    Jarak antar bab                               : 1,5 spasi
3.    Judul bab diberi nomor dalam        : 1 digit (1, 2, 3, ……dst)

Ketentuan mengenai sub bab :
1.    Huruf judul sub bab                                   : ukuran 12 pt, tebal, huruf kecil
2.    Jarak antar sub bab                        : 1 spasi
3.    Judul sub bab diberi nomor dalam : 2 digit (1.1, 1.2 , 2.1, 2.2, 2.3, ….dst)


SISTEMATIKA PENULISAN MAKALAH
Keseluruhan makalah akan mengandung komponen-komponen makalah berikut dengan urutan penulisan sebagai berikut :
1.    Judul
2.    Penulis
3.    Abstrak
4.    Pendahuluan/Latar Belakang
5.    Bab-bab Pembahasan
6.    Penutup/Kesimpulan
7.    Ucapan Terima Kasih
8.    Daftar Pustaka
9.    Lampiran-lampiran


PENULISAN JUDUL DAN PENULIS
Penulisan judul dan penulis diatur dalam ketentuan-ketentuan sebagai berikut :

Judul
1.    Rata tengah (center), huruf tebal, huruf besar semua.
2.    Tipe huruf Times New Roman ukuran 12 pt.
3.    Jarak antara Judul dengan Penulis 1 spasi.

Penulis
1.    Times New Roman, 10 pica, bukan huruf besar, rata kiri.
2.    Penulis diharapkan dapat menuliskan secara lengkap nama beserta gelar (bila ada) untuk memudahkan pengelompokan makalah atas dasar strata penulis.
3.    Tulisan mengenai nama penulis : huruf tebal, tegak, dengan posisi sbb.:
1 penulis          : di tengah
2 penulis          : berdampingan
3 penulis          : 3 berjajar ke samping
4 penulis          : 2 diatas, 2 di bawah
4.    Tulisan mengenai keterangan penulis : huruf biasa, miring.
5.    Keterangan penulis terdiri dari : profesi/jabatan, institusi, alamat surat, telepon, faximili, alamat e-mail.
6.    Jarak antara Penulis dengan Abstrak : 2 spasi.


PENULISAN ABSTRAK
Abstrak ditulis sebelum Bab Pendahuluan. Abstrak mengandung uraian mengenai tujuan penelitian, metode penelitian dan hasil penelitian/hasil yang diharapkan secara singkat, sepanjang + 150 kata (extended abstract).

Abstrak ditulis dengan huruf Times New Roman ukuran 10 pt, satu kolom penuh. Tulisan abstrak sebagai judul dituliskan di atas teks abstrak. Di bawah abstrak sejarak satu spasi seyogyanya dituliskan kata-kata kunci abstrak (keywords).


PENULISAN PERSAMAAN, TABEL, DAN GAMBAR
Persamaan, tabel-tabel dan gambar-gambar ditempatkan di antara teks pada tempat sesuai dengan pembahasan tabel dan gambar tersebut.

Tabel diberi nomor tabel dan judul tabel yang dituliskan secara menerus. Judul tabel dituliskan di atas tabel. Satuan bagi angka-angka yang ditulis dalam tabel harus dicantumkan.

Gambar diberi nomor gambar dan judul gambar yang dituliskan secara menerus. Judul gambar dituliskan di bawah gambar. Gambar harus dibuat dengan jelas, digambar dengan perangkat lunak atau ditulis dengan tinta.
Persamaan diberi nomor, dengan menggunakan jenis huruf Times New Roman.
Keseluruhan persamaan, tabel dan gambar yang dibuat dengan menggunakan Perangkat Lunak non-MS Word harus diimport ke dalam file naskah dalam MS Word.

Penulisan Ucapan Terima Kasih
Ucapan terima kasih, bila ada, bisa dituliskan di mkalah. Ucapan terima kasih ini ditulis pada bagian akhir teks sebelum Daftar Pustaka. Ucapan terima kasih bisa ditujukan kepada : pemberi dana, pemberi beasiswa, pemberi data, pihak-pihak yang membantu, dan sebagainya. Ucapan terima kasih ditulis dengan huruf ukuran 10 pt.

Daftar Pustaka
Penulisan Daftar Pustaka diatur sebagai berikut. Daftar Pustaka hanya berisi pustaka-pustaka yang memang disebut dalam naskah. Daftar Pustaka ditulis berurutan menurut abjad (ascending) nama akhir penulis. Ketentuan umum mengenai urutan penulisan data sebuah pustaka adalah sebagai berikut, misalkan diambil dari buku, ataupun artikel:

Nama akhir penulis, Inisial/nama depan, tahun penerbitan, Judul Buku, Nomor Edisi, Penerbit, Kota Penerbit.

Nama akhir penulis, Inisial/nama depan, tahun penerbitan, “Judul Artikel”, Nama Majalah-Edisi Nomor Bulan Tahun, Penerbit, Kota Penerbit.

Nama akhir penulis, Inisial/nama depan, tahun penerbitan, “Judul Artikel”, Nama Seminar / Simposium Tempat Tanggal, Penyelenggara, Kota.


Catatan Kaki
Diusahakan agar tidak menggunakan catatan kaki.

Lampiran
Pemuatan lampiran dimungkinkan. Lampiran bisa memuat tabel-tabel, gambar-gambar dan hal-hal lain yang dianggap perlu oleh Penulis. Pembuatan lampiran harus mengikuti ketentuan-ketentuan mengenai perangkat lunak, bahasa, pengaturan halaman, header, penomoran halaman, penulisan tabel dan penulisan gambar.

PENUTUP
Para penulis makalah diminta dengan hormat untuk memperhatikan dan mengikuti ketentuan-ketentuan di atas. Setiap penyimpangan terhadap ketentuan yang ada dan tanpa diperbaiki bisa berakibat pada tidak digandakannya makalah yang bersangkutan untuk keperluan pembagian makalah pada simposium dan penyusunan proceeding.


Nb : Adapun penambahan yang tidak lazim disana, misalnya adanya penambahan workshop atau seminar itu hanya diperuntukan bagi yang akan menyelesaikan program ditingkat studynya seperti D3, S1, S2 dst, namun apabila untuk jenis makalah yang biasa dikerjakan maka hal diabaikan saja .

Artikel : milik sahabat saya di Univ. Tarumanagara Jakarta .

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
This Theme Modified by Kapten Andre based on Structure Theme from MIT-style License by Jason J. Jaeger