SISTEM OPERASI PART 1

Definisi sistem operasi :
OS atau biasa disebut Operating System atau dalam istilah indonesia-nya Sistem Operasi adalah perangkat lunak ( software sistem ) yang bertugas untuk melakukan control ( mengatur ) dan manajemen (mengendalikan) perangkat keras ( hardware ), yang nntinya memberikan kemudahan penggunaan komputer ke pemakai . OS jg melakukan manajemen operasi - operasi dasar sistem , termasuk menjalankan sistem software aplikasi seperti program - program pengolah kata dan browser web. Dan OS juga mengontrol penyimpanan data, input, output dari suatu perangkat ke perangkat lainnya.

Definisi singkat Sistem operasi adalah bagian software yang merupakan kumpulan program yang mengontrol dan mengaturseluruh kegiatan processing dalam sistem itu sendiri . Dan nantinya sebagai pemudah kerja computer , atau yang nantinya pertindak sebagai penghubung antara computer dengan pemakainya .
Dan Secara umum, Sistem Operasi adalah  software pada lapisan pertama yang ditaruh pada memori komputer pada saat komputer dinyalakan. Sedangkan software-software lainnya dijalankan setelah Sistem Operasi berjalan, dan Sistem Operasi akan melakukan layanan inti umum untuk software-software tesebut. Dan layanan inti umum tersebut seperti akses ke disk, manajemen memori, skeduling task, dan antar-muka user. Sehingga masing-masing software tidak perlu lagi melakukan tugas-tugas inti umum , karena dapat dilayani dan dilakukan oleh Sistem Operasi. Bagian kode yang melakukan tugas-tugas inti dan umum tersebut dinamakan dengan "kernel" suatu Sistem Operasi.

Dalam ilmu komputer, kernel adalah suatu perangkat lunak yang menjadi bagian utama dari sebuah sistem operasi. Tugasnya melayani bermacam program aplikasi untuk mengakses perangkat keras komputer secara aman.
Karena akses terhadap perangkat keras terbatas, sedangkan ada lebih dari satu program yang harus dilayani dalam waktu yang bersamaan, seperti menjalankan aplikasi yang bersaaman. maka kernel juga bertugas untuk mengatur kapan dan berapa lama suatu program dapat menggunakan satu bagian perangkat keras tersebut. Yang disebut sebagai multiplexing. Atau simplenya kernel juga bertugas mengatur schedule agar mendapatkan waktu yang tepat untuk meggunakan satu bagian perangkat keras , yang di maksud satu bagian perangkat keras tersebut , adalah processor . yang di mana Prosesor adalah sebuah chip dalam sistem komputer yang dapat menjalankan instruksi-instruksi program komputer seperti aplikasi – aplikasi .
Tapi sebenarnya, beberapa sistem hanya menjalankan satu proses tunggal dalam satu waktu, dan ada juga yang menjalankan multi-proses dalam satu waktu. dalam sebagian besar sistem komputer hanya memiliki satu prosesor, dan sebuah prosesor hanya dapat menjalankan satu instruksi dalam satu waktu. Maka bagaimana sebuah sistem prosesor tunggal dapat menjalankan multi-proses ? simplenya , jadi  pada saat  prosesor hanya menjalankan satu proses dalam satu waktu, kemudian secara cepat ia berpindah menjalankan proses lainnya, dan seterusnya. Sehingga bagi penglihatan dan perasaan pengguna manusia, seakan-akan prosesor menjalankan beberapa proses secara bersamaan.

Sistem operasi mempunyai dua tugas utama, yaitu:
1. Pengelola seluruh sumber daya sistem komputer (sebagai resource manager).
2. Sistem operasi sebagai penyedia layanan (sebagai extended/virtual machine). tanpa mengganggu                layanan yang dijalankan oleh sistem computer .

 Pengelola seluruh sumber daya sistem computer yang dimaksud adalah mengelola semua komponen di dalam komputer yang dapat memberi manfaat .
Sumber dayanya terdiri dari :
  1. Sumber daya fisik
  2. Sumber daya abstrak
Sumber daya fisik misalnya : keyboard, mouse, Modem , RAM , monitor , perangkat multimedia seperti soundcard , TV tunner , dan perangkat grafis seperti , scanner , digitalizer dll

Sumber daya abstrak terdiri dari :
  1. Data
  2. Program
Data seperti :
-          PCB  ( proses control block ) untuk mencatat dan mengendalikan proses
-          Berkas ( file ) tempat penyimpanan data atau program
-          Dan sebagainya

Program :
Yaitu berupa kumpulan intruksi yang dapat di jalankan sistem computer :
Dapat berupa :   utilitas atau aplikasi .

Sasaran dari sistem operasi ini adalah:
1. Kenyamanan, harus membuat penggunaan komputer menjadi nyaman.
2. Efisiensi, menjadikan penggunaan sumber daya sistem komputer secara efisien.
3. Mampu berevolusi, maksudnya adalah untuk memudahkan pengembangan, pengujian dan pengajuan fungsi-fungsi yang baru tanpa mengganggu layanan yang dijalankan oleh sistem komputer.

Sumber : Flasdisk Bang Sukma Wijaya 4IA06 2009

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
This Theme Modified by Kapten Andre based on Structure Theme from MIT-style License by Jason J. Jaeger